Saturday, October 1, 2011

Sniper: The Ghost Infantry

Sniper Silhouette
 Sniper, atau penembak tersembunyi, adalah seorang prajurit Infanteri jenis ringan yang secara khusus terlatih untuk mempunyai kemampuan membunuh musuh secara tersembunyi dari jarak jauh dengan menggunakan senapan khusus. Istilah ini muncul pada tahun 1770-an, pada prajurit-prajurit Kolonial Inggris di India, dari kata snipe, yaitu sejenis burung yang sangat sulit untuk didekati dan ditembak. Mereka-mereka yang mahir memburu burung ini diberi julukan "sniper"

Doktrin militer tentang sniper pada unit militer, lokasi menembak, dan taktik berbeda pada setiap negara. Secara umum, tujuan sniper dalam peperangan adalah mengurangi kemampuan tempur musuh dengan cara membunuh sasaran yang bernilai tinggi, seperti perwira.

Penembak dan Spotter TNI-AD

Dalam doktrin Amerika Serikat, Inggris, dan banyak negara lainnya termasuk Indonesia, sniper biasanya terdiri dari dua orang. Dua orang ini mempunyai fungsi yang berbeda, satu sebagai penembak, dan satu orang lagi sebagai spotter yaitu penunjuk sasaran. Dalam prakteknya, spotter dan penembak biasa bergiliran menembak, agar mengurangi kelelahan pada mata.



Misi Sniper adalah pengintaian dan pengamatan, anti-sniper, membunuh perwira musuh, memilih target sendiri secara oportunis, dan bahkan tugas anti material (penghancuran peralatan militer), yang memerlukan senapan berkaliber besar seperti NTW-20 Anti Material Rifle. Mantabb!!

Persenjataan Sniper, untuk memuluskan misinya biasanya Sniper Rifle dilengkapi dengan Gear khusus, seperti Long Barrel, Scope khusus, Bipod, bantalan pipih, Silencer/Supressor, dan lain-lain.

DSR-1 Sniper Rifle



Jenis-Jenis Sniper Ghillie Suit
Kamuflase, Sniper menggunakan kamuflase dan membatasi gerakan mereka, agar tidak bisa dideteksi. Salah satu kamuflase yang biasa digunakan adalah Ghillie Suit agar mereka bisa menyatu dengan daerah sekitarnya. Jika anda pernah memainkan Call Of Duty 4: Modern Warfare, pada saat misi di Chernobyl, pakaian yang dipakai Capt. McMillan yang seperti Wookie Star Wars, itulah yang dinamakan Ghillie Suit.

Bidikan teleskopik juga harus mendapatkan perhatian khusus, karena lensa dari alat bidik harus terbuka, tapi dalam keadaan terbuka akan dapat memantulkan cahaya matahari, dan ini bisa membeberkan posisi sniper. Solusi yang biasa digunakan adalah mencari tempat bersembunyi yang tidak terkena cahaya matahari langsung, atau dengan menutupi lensa dengan sesuatu yang tidak memantulkan cahaya, seperti sebuah kain tipis.

Sekian dan terima kasih.
Sumber: Wikipedia dengan penambahan






1 comment: